PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SDN 03 ALAI TIMUR KOTA PADANG

Imaama, Bilqisti and Tamrin, Tamrin (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SDN 03 ALAI TIMUR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI BILQISTI IMAAMA SAH BANGET OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAFPUS.pdf

Download (224kB)
[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (736kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV-D pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 03 Alai Timur Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) dan pemahaman (C2), serta aspek afektif kemampuan kerja sama (A2) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model team games tournament. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif siswa dan tes hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-D SDN 03 Alai Timur Kota Padang yang berjumlah 28 orang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi terhadap kegiatan guru, hasil penilaian afektif siswa kemampuan kerja sama dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil belajar siswa dari siklus I dengan persentase 57% meningkat pada siklus II menjadi 82% 2) kemampuan kerja sama siswa meningkat dari siklus I dengan persentase sebesar 67% menjadi 85% pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila menggunakan model team games tournament di kelas IV SDN 03 Alai Timur Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:12
Last Modified: 12 Sep 2024 01:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22916

Actions (login required)

View Item View Item