PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL INSTRUCTIONAL GAMES PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Thariq, Al Ayubi and Hendra, Hidayat and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL INSTRUCTIONAL GAMES PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
90. THARIQ 1610013411125 cover.pdf

Download (91kB)
[img] Text
90. THARIQ 1610013411125 abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
90. THARIQ 1610013411125 bab i.pdf

Download (180kB)
[img] Text
90. THARIQ 1610013411125 bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
90. THARIQ 1610013411125 bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
90. THARIQ 1610013411125 bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
90. THARIQ 1610013411125 bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
90. THARIQ 1610013411125 daftar pustaka.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis model instructional games pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria sangat valid valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Deveopment). Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Intrumen penelitian meliputi lembar validasi. Media pembelajaran interaktif berbasis model instructional games pada pembelajaran IPA di validasi oleh 1 orang ahli media aspek tampilan dan 2 orang ahli atau guru dalam aspek konten. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran berbasis model instructional games pada pembelajaran IPA kelas V SD dihasilkan media interaktif memenuhi kriteria valid dengan persentase 82,5% dari aspek tampilan, 95% dari aspek konten dan 95% dari aspek konten oleh guru kelas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis model instructional games memenuhi kriteria sangat valid untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran IPA di kelas V di sekolah dasar. Kata kunci : model instructional games, pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:42
Last Modified: 06 Jan 2021 02:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2431

Actions (login required)

View Item View Item