PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III SD ISLAM KHAIRA UMMAH

Lutfia, Zahro and Arlina, Yuza (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III SD ISLAM KHAIRA UMMAH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI LUTFIA TRI ZAHRO (21-055).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA LUTFIA TRI ZAHRO (21-055).pdf

Download (320kB)
[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN LUTFIA TRI ZAHRO (21-055) .pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya kemampuan numerasi siswa dalam pembeajaran matematika dikelas III SD Islam Khaira Ummah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan numerasi siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain eksperimen semu (Quasi experimental). populasi penelitian ini seluruh siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah yang terdiri dari kelas IIIA,IIIB,IIIC dan IIID berjumlah 114 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dengan cara Purposive Sampling. Diperoleh hasil kelas IIIC sebagai eksperimen dan kelas IIIB sebagai kontrol. Data yang dikumpulkan adalah data hasil tes kemampuan numerasi siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan numerasi siswa. Hasil akhir kemampuan numerasi siswa menunjukkan rata-rata yaitu kelas eksperimen 86,07 dan kelas kontrol 82,58 Pengujian Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,005 yang artinya nilai signifikasi < 0,05. Maka dapat dikatakan terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap kemampuan numerasi siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah. Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya, gunakanlah model pembelajaran yang lainnyaagar siswa siap dalam proses pembelajaram project based learning (PjBL) yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan numerasi yang berdampak baik bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 06:15
Last Modified: 24 Mar 2025 06:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25530

Actions (login required)

View Item View Item