WAHYU, HIDAYAT and Risa, Yulisna and Syofiani, Syofiani (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN 12 KOTO GADANG ANAM KOTO KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, universitas bung hatta.
![]() |
Text
1._FILE__COVER-DAFTAR_LAMPIRAN_WAHYU_HIDAYAT 21-209.docx Download (1MB) |
![]() |
Text
2. FILE BAB 1 PENDAHULUAN WAHYU HIDAYAT.docx Download (41kB) |
![]() |
Text
3. FILE BAB V KESIMPULAN DAN SARAN WAHYU HIDAYAT.docx Download (32kB) |
![]() |
Text
4. FILE DAFTAR PUSTAKA WAHYU HIDAYAT.docx Download (42kB) |
![]() |
Text
5._FILE_FULL_SKRIPSI_WAHYU_HIDAYAT[1].docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran tematik terpadu yang belum sesuai dengan yang diharapkan, dimana dalam kegiatan pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered learning) sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, dalam mengajar guru belum menerapkan langkah-langkah yang ada di Modul Ajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Media Audio Visual di Kelas V SDN 12 Koto Gadang Anam Koto Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SDN 12 Koto Gadang Anam Koto Kabupaten Agam dengan jumlah 12 orang peserta didik yang terdiri dari 10 perempuan dan 2 laki-laki. Prosedur penelitian meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berasal dari hasil pengamatan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada Hal tersebut dapat dibuktikan melalui aktivitas siswa siklus I pada indikator I, siswa bertanya mengenai penjelasan materi maupun bertanya kepada kelompok yang sedang persentase dengan rata-rata 61,8% dan siklus II 83,3%, siswa yang menjawab pertanyaan dari guru maupun dari teman- temanya pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan rata-rata pada siklus I 59,9% dan siklus II 80,9% dan siswa yang ikut serta dalam berdiskusi serta bekerja sama dengan anggota kelompok dengan baik yang rata-rata persentasenya pada siklus I 71,3% dan siklus II 88%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menulis teks deskripsi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 06:43 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 06:43 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |