Ferdike, Nurhasanah and Hasnul, Fikri (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH BERDASARKAN PRAKTIKUM KEJURUAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
Abstract
ABSTRAK Ferdike Nurhasanah. 2025. Skripsi. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Berdasarkan Praktikum Kejuruan Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) di Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Padang”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bung Hatta. Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya respon siswa terhadap pembelajaran dan rendahnya keterampilan menulis siswa. Hal ini disebabkan oleh kurangnya respon siswa dalam pembelajaran serta kurangnya kreativitas guru dalam memilih model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah berdasarkan praktikum kejuruan menggunakan model project based learning (PjBL) di kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Padang. Landasan teori yang digunakan meliputi hakikat pembelajaran bahasa Indonesia (Iswatiningsih, 2023), keterampilan menulis (Nasution,2024), hakikat teks karya ilmiah (Komariah, 2022), dan project based learning (PjBL) dengan praktikum kejuruan (Halimah dan Marwati, 2022). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan diikuti tes pada akhir siklus. Prosedur penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 18 orang siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Padang dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dan siswa serta tes menulis karya ilmiah dalam bentuk laporan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus I sebesar 83% karena masih terdapat beberapa kekurangan dalam pembelajaran yang disampaikan guru, pada siklus II meningkat menjadi 92% karena kekurangan pada siklus siklus I sudah teratasi pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I masih terdapat beberapa kekurangan seperti siswa kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran sehingga persentase pada siklus I siswa sebesar 87%. Pada siklus II persentase aktivitas siswa menjadi 91% karena siswa sudah mulai aktif saat proses pembelajaran. Kemampuan menulis teks karya ilmiah dalam bentuk laporan praktikum pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 65,9 dan ketuntasan klasikal 61,5 % pada siklus I, rendahnya persentase pada siklus I karena siswa belum terlalu memahami tata cara penulisan laporan. Namun, pada siklus II meningkat menjadi 82,3 dengan ketuntasan klasikal 85,7% pada siklus II dan siswa sudah mulai bisa memahami tata cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Dengan demikian, penerapan model project based learning (PjBL) berdasarkan praktikum kejuruan siswa terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah siswa. Kata kunci: Keterampilan menulis, Project based learning (PjBL), praktikum kejuruan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PINDO FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 06:16 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 06:16 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |