Widia, Astuti and Heri, Effendi (2025) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 20 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER , HALAMAN PENGESAHAN, SURAT PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB l PENDAHULUAN.pdf Download (893kB) |
![]() |
Text
BAB V SARAN DAN KESIMPULAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
FULL TEKS SKRIPSI WIDIA ASTUTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 20 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain quasi eksperimental. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 20 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang. Dua kelas menjadi peneltian adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan IV A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 20 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata siswa di kelas eksperimen sebesar 83,3, sedangkan kelas kontrol diperoleh sebesar 75. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t menggunakan bantuan SPSS versi 25. Dengan nilai sig (2- tailed) < 0,05 (0,025 < 0,05). Dari hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 20 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang tahun ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 07:19 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 07:19 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |