Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaaan Dengan Metode Drill Berbantuan Media Puzle Suku Kata Siswa Kelas II SD Negeri 03 Alai Timur Padang

Haliza, Oktovia and Syofiani, Syofiani (2025) Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaaan Dengan Metode Drill Berbantuan Media Puzle Suku Kata Siswa Kelas II SD Negeri 03 Alai Timur Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, HALAMAN PERNYATAAN, ABSRAK, DAFTAR ISI, BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (629kB)
[img] Text
FULL TEXT HALIZA OKTOVIA 21-155.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis permulaan siswa pada kelas II di SDN 03 Alai Timur Padang. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa menggunakan metode Drill . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 03 Alai Timur Padang yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes kemampuaan menulis permulaan siswa. Bedasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa rata-rata persentase aktivitas guru siklus I sebesar 72,5% meningkat menjadi 90% di siklus II. Pada lembar observasi aktivitas siswa rata-rata persentase siklus I sebesar 73,00% meningkat menjadi 89,5% di siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I, dari 28 orang siswa masih terdapat 8 orang yang belum pandai menulis. Pada siklus II dari 28 orang terdapat 2 orang yang belum pandai menulis. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai tes menulis permulaan pada siklus I sebesar 75% dengan persentase 71,4% terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 90,5% dengan persentase 93%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan menulis permulaan menggunakan metode Drill pada siswa kelas II SDN 03 Alai Timur Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 07:21
Last Modified: 24 Mar 2025 07:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25645

Actions (login required)

View Item View Item