HUBUNGAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK FASE E DI SMA NEGERI 5 PADANG

Marsha, Mardhiyah Yuza and Gusmaweti, Gusmaweti (2025) HUBUNGAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK FASE E DI SMA NEGERI 5 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER .pdf

Download (850kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (437kB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan hasil belajar biologi peserta didik fase E di SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampelnya dilakukan dengan simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik fase E SMA Negeri 5 Padang yang terdaftar di tahun pelajaran 2024/2025, dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket self efficacy dengan skala likert dan dokumen asesmen tengah semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi Pearson untuk mengetahui tingkat hubungan kedua variabel. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara self efficacy dengan hasil belajar biologi. Hasil koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,621 berada dalam kategori kuat. maka H0 ditolak atau terima Hi, dengan koefisien determinasi diperoleh sebesar 62%. Artinya dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara self efficacy dengan hasil belajar biologi peserta didik fase E di SMA Negeri 5 padang kategori kuat, dimana self efficacy (X) berkontribusi sebesar 62% terhadap hasil belajar biologi peserta didik(Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PINDO FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 07:33
Last Modified: 24 Mar 2025 07:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25659

Actions (login required)

View Item View Item