Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Di SDN 036/XI Paling Serumpun Kota Sungai

Anggel, Natasya and Syafni, Gustina Sari (2025) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Di SDN 036/XI Paling Serumpun Kota Sungai. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
inbound804928484772367990.docx

Download (715kB)
[img] Text
inbound4059431737731527536.docx

Download (75kB)
[img] Text
inbound3795378422053976160.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPETEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SDN 036/XI PALING SERUMPUN KOTA SUNGAI PENUH Anggel Natasya1, Syafni Gustina Sari1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : anggelnatasya8@gamil.com Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SDN 036/XI Paling Serumpun. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 036/XI Paling Serumpun yang berjumlah 12 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru terhadap kegiatan pembelajaran, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Games Tournament terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas guru pada siklus I 67,27% dengan kriteria baik dan siklus II mencapai 86,53 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I yaitu 47,33 dan siklus II 76,66. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Kooperatif tipe Time Games Tournament di kelas V SDN 036/XI Paling Serumpun dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disarankan agar model kooperatif Tipe Time Games Tournament dapat digunakan guru untuk proses belajar mengajar di kelas. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Kooperatif Tipe Team Games Tournament dan matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 02:36
Last Modified: 25 Mar 2025 02:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25688

Actions (login required)

View Item View Item