Yolanda, Siska Putri and Yetty, Morelent (2025) Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri 54 Anak Air Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adanya perbedaan dan pengaruh hasil belajar yang menggunakan media kartu kata bergambar terhadap keterampilan menulis permulaan siswa kelas II SDN 54 Anak Air Padang. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian eksperimen, Daniel & Harland (2017) metode penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu. Teori yan digunakan dalam penelitian ini yaitu teori dalam buku Dalman (2020) , teori kmedia kartu kata bergambar berdasarkan buku Hanifah Umi, (2023). Penelitian ini menerapkan desain penelitian Quasi Eksperimental dengan design pola pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II SDN 54 Anak Air Padang. Kemudian, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang mana menjadikan semua populasi menjadi sampel. Selanjutnya instrumen penelitian ini berupa tes uraian dengan 10 butir soal. Pada saat penelitian didapatkan hasil pretest (tes awal) nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen yaitu 81,54 sedangkan kelas kontrol 74,20. Lalu, data hasil belajar tersebut dianalisis dengan menggunakan uji t-test yang menggunakan taraf siginfikan 0,05. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest (tes akhir) kelas eksperimen mencapai 86,33 sedangkan kelas kontrol nilai rata-ratanya yaitu 80,79. Sig.= 0,005 dan taraf signifikan 0,05) karena nilai sig 0,005 < 0,05 Artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Ini terlihat bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Maka hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil tes akhir antara yang menggunakan media kartu kata bergambar serta tanpa menggunakan media kartu kata bergambar terhadap keterampilan menulis permulaan siswa kelas II SDN 54 Anak Air Padang. Lalu pada saat setelah diberikannya perlakuan, perlakuan yang diberikan kepada kelas eksperimen yaitu berupa media kartu kata bergambar. Perlakuan (treatment) diberikan pada saat pembelajaran di mana siswa mengamati gambar tentang keluarga dan lingkungan beserta kata pada gambar tersebut. Setelah diterapkannya perlakuan dengan menggunakan media kartu kata bergambar pada nilai posttest (tes akhir) terjadi peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok, yang menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan menulis permulaan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 02:15 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 02:15 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |