MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS III MELALUI MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI) DI SDN 54 ANAK AIR KOTA PADANG

Fanisa, Al Magfirah and Darwianis, Darwianis (2025) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS III MELALUI MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI) DI SDN 54 ANAK AIR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
TEXT FANISA AL MAGFIRAH.pdf

Download (683kB)
[img] Text
Skripsi FANISA AL MAGFIRAH 21-217.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP FANISA.pdf

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran kelas III pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Somatic, Auditory, Visual, Intelectual di SDN 54 Anak Air, Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam II siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan di akhir siklus I dan II dilakukan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-A dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar penilaian afektif kemampuan kerja sama siswa dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan tes hasil belajar ranah afektif (A2) siswa pada siklus I memperoleh persentase 75,4% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,78%, selain itu dari ranah kognitif siswa aspek pengetahuan (C1) memperoleh persentase pada siklus I adalah 56,66% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan Somatic, Auditory, Visual, Intelectual dapat meningkatkan hasil belajar afektif (A2) kemampuan kerja sama dan dapat menigkatkan hasil kognitif pengetahuan (C1) siswa. Kata Kunci : Hasil Pembelajaran, Somatic, Auditory, Visual, Intelectual, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 05:04
Last Modified: 25 Mar 2025 05:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25815

Actions (login required)

View Item View Item