PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD N 15 PANCUNG SOAL

Vira, Arentia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD N 15 PANCUNG SOAL. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (190kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (461kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (221kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (410kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian research and development (R&D) bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis android dengan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran IPA kelas V SD N 15 Pancung Soal. Model penelitian 4-D yaitu define, disign, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop yakni pada tahap validitas dan praktikalitas. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi yang di validasi 3 orang validator dan lembar pratikalitas guru dan siswa kelas V sebanyak 18 orang. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk siswa kelas V yang termasuk kriteria sangat valid dengan validitas (93, 61%), dari aspek materi (89, 74%), tampilan (92, 77%) serta bahasa (98,33 %). Media yang dikembangkan termasuk kriteria sangat praktis oleh guru dengan pratikalitas (87%), dari aspek penggunaan media (90%), isi materi (85%), desain teknis (85%), komunikasi (95%), dan format kemasan (80%), siswa dengan praktikalitas (92,77%), dari aspek minat siswa (93,45%), proses penggunaannya (90,55%), peningkatan kreativitas siswa (92,36%), waktu yang tersedia (94,44%), dan aspek evaluasi (93,05%). Berdasarkan hasil peneliti dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis android memenuhi kriteria sangat valid dan praktis digunakan sebagai media dalam pembelajaran IPA. Dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara dalam pengembangan yang baik dan berkualitas. Kata kunci : pengembangan, media, konstruktivisme

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:22
Last Modified: 27 Apr 2021 03:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3469

Actions (login required)

View Item View Item