PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJRAN IPS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Vira, Usmana Putri (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJRAN IPS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (427kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (172kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (450kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis contextual teaching and learning untuk kelas IV SD Negeri 30 Timbulun yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPS berbasis contextual teaching and learning ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Rangcangan modul yang telah dibuat divalidasi oleh tiga dosen ahli kemudian diujicobakan untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Hal ini menunjukan bahwa modul ini berada pada kategori valid oleh tiga dosen ahli, yaitu dengan nilai validitas 95% oleh dosen ahli materi, 90% oleh ahli bahasa, dan 86% oleh ahli desain, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli yaitu 90% pada kategori sangat valid. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dan peserta didik dengan rata-rata persentase kepraktisan 92% dan 93, sehinga diperoleh rata-rata keseluruhan nilai praktikalitas oleh guru dan siswa yaitu 92,5% dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukan bahwa modul berbasis contextual teaching and learning yang dihasilkan sudah valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat belajar mandiri dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Modul, Pembelajaran IPS, Contextual Teaching and Learning (CTL)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:25
Last Modified: 27 Apr 2021 03:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

View Item View Item