Pengaruh Metode Field Trip terhadap Peningkatan Hasil Belajar Manulis Teks Hasil Observasi pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 3 Kuantan Singingi

Rina, Muslianti (2021) Pengaruh Metode Field Trip terhadap Peningkatan Hasil Belajar Manulis Teks Hasil Observasi pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 3 Kuantan Singingi. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (185kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (96kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar menulis teks hasil observasi pada siswa kelas VII MTs negeri 3 Kuantan singingi dan mendeskripsikan pengaruh metode field trip terhadap peningkatan hasil belajar teks hasil observasi pada siswa kelas VII MTs negeri 3 Kuantan singingi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah warkanis, Sagala, Harsiati, dan Wahono. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kuantitaif deskriptif menggunakan metode quasi eksperimen. Tempat penelitian dilakukan di MTs Negeri 3 Kuantan Singingi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Objek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VII di MTs Negeri 3 Kuantan Singingi. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII MTs N Kuantan Singingi tahun ajaran 2019-2020 sebanyak 96 orang dari 3 kelas. Kelas VII.1 sebanyak 32 orang, kelas VII.2 sebanyak 32 orang, dan kelas VII.3 sebanyak 32 orang. Jumlah populasi siswa kelas VII MTs N 3 Kuantan Singingi berjumlah 96 orang. Namun akan dibatasi dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Berdasarkan hasil uji hipoteisis dengan bantuan SPSS 20.0 bedasarkan anava dua jalur diperoleh nilai sig 0,000<alpha 0,05 pada taraf kepercayaan 95% diperoleh keterangan bahwa terdapat pengaruh metode fild trip terhadap peningkatan hasil belajar menulis teks hasil observasi pada siswa kelas VII MTs Negeri Kuantan Singingi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode field trip ini efektif dan bisa digunakan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis siswa kelas VII MTs Negeri Kuantan Singingi. Kata Kunci: Field Trip, Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 07:21
Last Modified: 27 Apr 2021 07:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3480

Actions (login required)

View Item View Item