PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKOVERI DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS X KAMPUS II MAN I KOTA PADANG

Kobir, Kobir and Marsis, Marsis and Yetty, Morelent (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKOVERI DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS X KAMPUS II MAN I KOTA PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (135kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (106kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (18kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (389kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kemampuan siswa menulis dapat dilihat berdasarkan kemampuan menggunakan kalimat efektif dan komunikatif. Kemampuan menulis yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis narasi ekspositoris yang dipengaruhi oleh metode pembelajaran diskoveri dan penguasaan kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang (1) pengaruh metote pembelajaran diskoveri dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan siswa kelas X Kampus II MAN I Kota Padang, (2) penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas X Kampus II MAN I Kota Padang, (3) pengaruh metode pembelajaran diskoveri dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas X Kampus II MAN I Kota Padang. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X Kampus II MAN I Kota Padang, populasi penelitian 63 orang dengan sampel 42 orang. Teknik anlisis dan menggunakan regresi berganda. Pengelohan data dengan menggunakan program SPSS versi 19.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengaruh metode pembelajaran diskoveri terhadap kemampuan menulis narasi ekspositoris sebesar 0,065 sig 0.967 dengan koefisien determisi 7%, (2) penguasaan kosakata terhadap menulis narasi ekspositoris sebesar 0,053 sig 0,943 Dengan koefisien determinasi 1,1%, (3) pengaruh metode pembelajaran diskoveri dan penguasaan kosakata secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis narasi ekspositoris sebesar 0,000 sig 0,997 Dengan koefisien determinasi 13% Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa perlu dilakukan perbaikan pada metode pembelajaran diskoveri dan penguasaan kosakata siswa kelas X Kampus II MAN I Kota Padang. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Diskoveri, Kosakata, Menulis Narasi Ekspositoris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 03 May 2021 06:47
Last Modified: 11 Jun 2021 04:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3601

Actions (login required)

View Item View Item