Indah, Pratiwi and Hasnul, Fikri and Siska, Angreni (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 16 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
31 INDAH PRATIWI 1510013411088 Cover.pdf Download (106kB) |
|
Text
31 INDAH PRATIWI 1510013411088 Abstrak.pdf Download (108kB) |
|
Text
31 INDAH PRATIWI 1510013411088 BAB I.pdf Download (142kB) |
|
Text
31 INDAH PRATIWI 1510013411088 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
31 INDAH PRATIWI 1510013411088 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text
31 INDAH PRATIWI 1510013411088 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
Text
31 INDAH PRATIWI 1510013411088 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
|
Text
31 INDAH PRATIWI 1510013411088 Daftar Pustaka.pdf Download (112kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Coposition terhadap hasil membaca bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 16 Surau Gadang Padang. Teori yang digunakan adalah CIRC yang dikemukakan oleh Istarani (2011), pendapat lainnya dari Susanto (2014) tentang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 16 Surau Gadang Padang Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 42 orang siswa, yang terdiri dari kelas VA dan VB. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil secara sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara pemberian tes akhir pada kedua kelas sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Coposition dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata nilai bahasa Indonesia kelas eksperimen 83,57 dan kelas kontrol 79,04. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan thitung = 6,66 dan ttabel = 1,68 yang berarti 6,66 > 1,68 dengan demikian hipotesis H1 dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 16 Surau Gadang Padang yang menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Coposition dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Coposition sebagai salah satu model pembelajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Coposition, Hasil belajar, dan bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ahmad Elzuhri |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 07:13 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 07:13 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/367 |
Actions (login required)
View Item |