PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN 06 PASIR JAMBAK KEC. KOTO TANGAH PADANG

Eva, Yulianti and Rieke, Alyusfitri (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN 06 PASIR JAMBAK KEC. KOTO TANGAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (747kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (661kB)
[img] Text
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
SKRIPSI EVA YULIANTI 1710013411157.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Matematika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pecahan untuk siswa kelas IV SDN 06 Pasir Jambak Kec. Koto Tangah Padang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian meliputi lembar validasi dan angket praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator bahasa, dan 1 orang validator desain. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi memperoleh penilaian dengan persentase 81,25% dengan kriteria valid, dari aspek bahasa memperoleh penilaian dengan persentase 95% dengan kriteria sangat valid dan dari aspek desain memperoleh penilaian dengan persentase 83,33% dengan kriteria valid. Dilihat dari rata-rata penilaian modul pembelajaran Matematika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pecahan memenuhi kategori valid dengan rata-rata 86,53%. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 28 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh persentase 98,61% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase 97,61% kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Aug 2021 08:37
Last Modified: 25 Aug 2021 08:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/4739

Actions (login required)

View Item View Item