PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH BANGUN DATAR KELAS IV SD

Marlen, Tivany and Ira, Rahmayuni Jusar (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH BANGUN DATAR KELAS IV SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (39kB)
[img] Text
SKRIPSI FULLTEKS.pdf

Download (39MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya ketersediaan LKPD pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thingking Skills.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thingking Skills untuk siswa kelas IV SD Negeri 02 Kurai Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota yang memenuhi kriteria valid dan praktis.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D).Model pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada materi bangun datar.Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain yang mendapatkan nilai persentase 87,5% dengan kriteria valid. Pada proses praktikalitas, LKPD diujicobakan oleh 1 orang guru dan 8 siswa kelas IV SD Negeri 02 Kurai.Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai persentase 95,06% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pada materi bangun datar berbasis Higher Order Thingking Skillsuntuk kelas IV sudah memenuhi kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi siswa kelas IV di Sekolah Dasar.Dengan LKPD yang telah memenuhi kritera valid dan sangat praktisini agar bisa dimanfaatkan sebagai alternative bahan belajar yang dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan Kata kunci : lkpd, pembelajaran matematika, higher order thingking skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Aug 2021 06:51
Last Modified: 26 Aug 2021 06:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5199

Actions (login required)

View Item View Item