PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN UNTUK SISWA KELAS IV

Annisa, Wahyuni and Darwianis, Darwianis (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN UNTUK SISWA KELAS IV. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
1. Cover, Halaman Pengesahan, Kata pengantar, Daftar isi.pdf

Download (266kB)
[img] Text
2. BAB Pendahuluan.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. BAB Penutup.pdf

Download (90kB)
[img] Text
5. Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan modul pembelajaran PKn pada materi hak dan kewajiban berbasis pendekatan saintifik, kelas IV di SDN 34 Sungai Limau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D yaitu define, design, development, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya 3-D yaitu sampai di tahap development dikarenakan keadaan pandemi covid-19. Penelitian dilakukan pada semester 1 tahun ajaran 2021/2022 dengan materi hak dan kewajiban. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh satu orang ahli Materi, satu orang ahli Bahasa, dan satu orang ahli Desain. Pada proses praktikalitas, modul diuji coba kepada 1 orang guru dan 17 orang siswa. Pada tahap validasi modul berbasis pendekatan saintifik ini memenuhi kriteria valid dengan persentase rata-rata 80,12% dengan rincian pada aspek Materi 70,65%, aspek Bahasa 91,66%, dan aspek Desain 95%. Pada tahap praktikalitas, modul berbasis pendekatan saintifik termasuk kriteria sangat praktis dengan rata-rata presentase 94% dengan rincian angket respon guru 90% dan angket respon peserta didik 87,35%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pada materi hak dan kewajiban berbasis pendekatan saintifik ini memenuhi kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran PKn khususnya bagi siswa kelas IV di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2021 07:37
Last Modified: 27 Aug 2021 07:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5680

Actions (login required)

View Item View Item