PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL MIND MAPPING UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Rani, Safitri and Muslim, Muslim (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL MIND MAPPING UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN(1).pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI RANI SAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modul pembelajaran IPS berbasis Mind Mapping untuk kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 pada KD IPS 3.1. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Pada proses praktikalitas, modul diuji cobakan oleh 1 orang guru dan 10 orang siswa kelas IV SD Negeri 16 Nan Sabaris. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 80,20%, ahli bahasa 90,90% dan ahli desain 81,94% sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen 83,01% dengan kriteria valid. Data untuk praktik diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 97,72% dan praktikalitas oleh siswa 90,62%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 95,37% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis mind mapping yang dihasilkan sudah valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat belajar mandiri dalam proses pembealajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:26
Last Modified: 30 Aug 2021 02:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

View Item View Item