Pengembangan Media Travel Game pada Pembelajaran Matematika Materi Pembagian dan Penjumlahan Bilangan Pecahan pada Siswa Kelas V SD Negeri 27 Sungai Nanam

Fitri, Rahmadona and Ira, Rahmayuni Jusar (2021) Pengembangan Media Travel Game pada Pembelajaran Matematika Materi Pembagian dan Penjumlahan Bilangan Pecahan pada Siswa Kelas V SD Negeri 27 Sungai Nanam. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover, halaman pengesahan, daftar isi, daftar tabel, tabel gambar, daftar lampiran.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
skripsi fitri full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA TRAVEL GAME PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN DAN PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 27 SUNGAI NANAM Fitri Rahmadona1, Ira Rahmayuni Jusar2 Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan E-mail :fitrirahmadona0501@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal dalam pembelajaran, proses belajar mengajar yang masih menjelaskam materi dipapan tulis membuat siswa kurang memahami konsep pembelajaran sehingga siswa malas untuk mengerjakan latihan yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika Travel Game materi Pembagian dan Penjumlahan Bilangan Pecahan untuk siswa kelas V SD Negeri 27 Sungai Nanam. Jenis penelitian adalah penelilian pengembangan atau Research and Development (R & D). Model pengembangan penelitian ini menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahap yang dilakukan define, design dan Develop. Instrument pengumpulan data ini adalah lembar validasi dan lembar praktikalitas. Lembar validasi dilakukan oleh 2 orang dosen Universitas Bung Hatta serta lembar praktikalitas dilakukan oleh guru dan 20 siswa kelas V SD Negeri 27 Sungai Nanam. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validitas dua orang validator. Validitas media meliputi dua aspek yaitu aspek materi dan aspek media. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, media travel game yang dikembangkan memperoleh persentase 84,7% dengan kriteria valid. Hasil praktikalitas guru memperoleh persentase 90,1% dan siswa dengan persentase 90,6% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan media pembelajaran matematika media pembelajaran matematika Travel Game materi Pembagian dan Penjumlahan Bilangan Pecahan untuk siswa kelas V SD Negeri 27 Sungai Nanam. Penggunaan media Travel Game diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang menarik dan mampu meningkatkan minat belajar siswa. Kata kunci :Media Pembelajaran, Travel Game, Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:37
Last Modified: 31 Aug 2021 01:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6053

Actions (login required)

View Item View Item