Maresya, Darmanti and Syafni, Gustina Sari (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING(PBL) PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IVSDN 03 ALAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
1_1.pdf Download (824kB) |
|
Text
2_1.pdf Download (522kB) |
|
Text
3_1.pdf Download (168kB) |
|
Text
skripsi maresya darmanti fix-1-1-1.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan siswa kelas IV SD dengan kriteria valid dan praktis. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah tipe 4-D terdiri dari define, design, development dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap development saja. Instrumen pengumpulan data ini menggunakan lembar validitas dan praktikalitas. Pada proses validasi modul divalidasi oleh tiga orang dosen. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh satu orang guru dan 28 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan siswa kelas IV, dinyatakan termasuk kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata validitas 90,85% dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase rata-rata praktikalitas 93,58%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai sumber belajar pembelajaran matematika kelas IV SD. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan sangat baik. Kata kunci :, Modul Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Pecahan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 01:10 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 01:10 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7836 |
Actions (login required)
View Item |