PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 05 SAWAHAN

Vriyel, Afri Maiyarti and Zulfa, Amrina (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 05 SAWAHAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
I. Cover, Halaman Pengesahan, Surat Pernyataan dll Vriyel Afri Maiyarti 18-096.pdf

Download (933kB)
[img] Text
II. Bab Pendahuluan Vriyel Afri Maiyarti 18-096.pdf

Download (522kB)
[img] Text
III. Bab Kesimpulan Vriyel Afri Maiyarti 18-096.pdf

Download (302kB)
[img] Text
IV. Full Text Skripsi Vriyel Afri Maiyarti 1810013411096.pdf
Restricted to Repository staff only until May 2022.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pada materi keliling dan luas bangun datar menggunakan model contextual teaching and learning. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya 3-d yaitu sampai tahap development. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu penelitian. Instrument penelitian yaitu meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas dan lembar tes. Modul ini divalidasi oleh tiga ahli yaitu dosen ahli materi, ahli bahasa serta ahli tampilan. Pada praktikalitas, modul diuji oleh 1 orang guru dan 26 siswa kelas IV A. Pada tahap validasi modul menggunakan model contextual teaching and learning memenuhi kriteria valid dengan rata-rata 88,89% yaitu dengan rincian aspek isi dengan persentase 91,67% aspek bahasa dengan persentase 90% dan aspek tampilan dengan persentase 85%. Pada tahap praktikalitas modul menggunakan model contextual teaching and learning memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata-rata 90,66% dengan rincian angket respon guru 90,63% dan angket respon siswa 90,69%. Pada tahap efektivitas memenuhi kriteria sedang yaitu 65,84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul menggunakan model contextual teaching and learning materi keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV SD valid, sangat praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : modul, contextual teaching and learning, pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:51
Last Modified: 11 Mar 2022 06:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7918

Actions (login required)

View Item View Item