Pengaruh Motivasi Belajar Instrinsik Terhadap Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDN 16 Surau Gadang Siteba.

Yolla, Oktaviani and Rona, Taula Sari (2022) Pengaruh Motivasi Belajar Instrinsik Terhadap Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDN 16 Surau Gadang Siteba. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
TEKS 1 Yolla Oktaviani-converted.pdf

Download (919kB)
[img] Text
TEKS 2 Yolla Oktaviani-converted.pdf

Download (109kB)
[img] Text
TEKS 3 Yolla Oktaviani-converted.pdf

Download (108kB)
[img] Text
TEKS 4 Yolla Oktaviani-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai hasil belajar IPA peserta didik kelas V masih banyak dibawah KKM yaitu 75 dan motivasi belajar instrinsik peserta didik yang rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar instrinsik terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN 16 Surau Gadang Siteba. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 16 Surau Gadang Siteba Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 43 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, sehingga sampel 43 peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui angket yang dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment Model Pearson dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 25. diperoleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh dengan nilai Fhitung 1, 534 dengan sign > 0,05 maka H1 diterima. Artinya motivasi belajar intrinsik berpengaruh terhadap hasil belajar. Selanjutnya diperoleh persamaan dengan koefisien regresi sebesar 0, 153. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan motivasi belajar akan meningkatkan 0,153 satuan hasil belajar. Kemudian diperoleh nilai R square sebesar 0,036, nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh motivasi belajar intrinsik (X) terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 3,6 % sedangkan sisa 96,4% hasil belajar dipengaruhi oleh variabel lain. Disarankan kepada peserta didik agar meningkatkan motivasinya dalam belajar IPA dengan cara meningkatkan dorongan peserta didik dalam belajar IPA, memperhatikan guru dan tertarik terhadap pelajaran IPA. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA, Motivasi Instrinsik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 07:58
Last Modified: 11 Mar 2022 07:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7942

Actions (login required)

View Item View Item