PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 01 SASAK RANAH PASISIE

Maria, Ulfah and SISKA, ANGRENI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 01 SASAK RANAH PASISIE. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. cover-maria ulfa - 1710013411018.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ii. pendahuluan-maria ulfa - 1710013411018.pdf

Download (542kB)
[img] Text
iii. penutup dan rujukan-maria ulfa - 1710013411018.pdf

Download (433kB)
[img] Text
iv. full skripsi-maria ulfa - 1710013411018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media komik bernuansa pendidikan karakter pada pembelajaran IPA subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku dan subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku untuk kelas IV SD Negeri 01 Sasak Ranah Pasisie yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan metode 4-D yang telah dimodifikasi menjadi tahap define, design, and development. Instrumen penelitian meliputi lembar angket validasi yang divalidasi oleh 3 orang validator dan lembar praktikalitas 1 orang guru dan 15 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata persentase media komik bernuansa pendidikan karakter (88,68%) dari aspek materi (83,33%), media (85,00%), dan bahasa (97,72%). Sedangkan rata-rata persentase praktikalitas dari guru dan siswa adalah (90,8%). Rata-rata persentase praktikalitas (91,66%) oleh guru, dari aspek penyajian isi (93,75%), efektifitas waktu (100%) dan manfaat (81,25%). Serta rata-rata persentase praktikalitas siswa (89,94%), dari aspek minat peserta didik (93,33%), pembelajaran (85,66%) dan media (90,83%). Berdasarkan hasil peneliti dapat disimpulkan media komik bernuansa pendidikan karakter memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran IPA. Dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara dalam pengembangan yang baik dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 14 Mar 2022 01:41
Last Modified: 14 Mar 2022 01:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7986

Actions (login required)

View Item View Item