Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Minangkabau Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Di Kelas IV.A SD N 03 Alai Padang.

Alfira, Sri Rahayu and Arlina, Yuza (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Minangkabau Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Di Kelas IV.A SD N 03 Alai Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Teks i..pdf

Download (800kB)
[img] Text
Teks ii...pdf

Download (184kB)
[img] Text
Teks iii....pdf

Download (94kB)
[img] Text
ALFIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Matematika berbasis budaya Minangkabau pada materi keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV A SD N 03 Alai Padang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh persentase validitas 80,35% dengan kriteria valid, dari aspek bahasa diperoleh presentase kevalidan 83,92% dengan kriteria valid dan dari aspek desain diperoleh presentase kevalidan 92,85% dengan kriteria sangat valid. Dilihat dari rata-rata validitas modul pembelajaran Matematika memenuhi kriteria 85,70%. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 16 orang siswa, dari hasil uji praktikalitas oleh guru diperoleh presentase kepraktisan 93,12% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase kepraktisan 92,61% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis budaya Minangkabau memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar (SD) secara mandiri. Kata Kunci : pengembangan modul, berbasis budaya, matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 14 Mar 2022 02:01
Last Modified: 14 Mar 2022 02:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8042

Actions (login required)

View Item View Item