PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY PADA TEMA 9 UNTUK SISWA KELAS IV SDN 10 PAINAN TIMUR

cindi, sintia and enjoni, enjoni (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY PADA TEMA 9 UNTUK SISWA KELAS IV SDN 10 PAINAN TIMUR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER HALAMAN PENGESEHANA ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (531kB)
[img] Text
ii. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
iii. KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text
iv. FULL SKRIPSI CINDI SINTIA 17-150.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Inquiry pada tema 9 dalam materi tentang sumber daya alam dan macam-macam energi dan perubahannya untuk kelas IV SDN 10 Painan Timur Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yaitu define, design, develop, disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop yakni pada tahap validasi dan tahap praktikalitas. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi yang diisi oleh 1 dosen validator materi, 1 dosen validator bahasa, dan 1 dosen validator desain dan lembar praktikalitas yang di isi oleh 1 guru dan 22 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Inquiry untuk kelas IV SDN 10 Painan Timur Kabupaten Pesisir Selatan termasuk kategori sangat valid dengan rata-rata validitas 3,51 modul yang dikembangkan termasuk kategori sangat praktis oleh guru dengan rata-rata praktikalitas 96% dan dari siswa dengan rata-rata praktikalitas 90% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Inquiry yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD. Sehingga, modul dapat di gunakan secara mandiri dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Inquiry dengan kompetensi dasar dan materi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 15 Mar 2022 01:41
Last Modified: 15 Mar 2022 01:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8109

Actions (login required)

View Item View Item