PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBASIS MODEL JIGSAWPADA SISWA KELAS II SDN 06 TANGAH PADANG PESISIR SELATAN.

Resty, Defitsya Putri and Hidayati, Azkiya (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBASIS MODEL JIGSAWPADA SISWA KELAS II SDN 06 TANGAH PADANG PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Teks_1,_Resti_defitsya_putri_18-209[1].pdf

Download (440kB)
[img] Text
teks_2_Resti_defitsya_putri_18-209[1].pdf

Download (320kB)
[img] Text
teks_3_Resti_defitsya_putri_18-209[1].pdf

Download (296kB)
[img] Text
Teks_4,_Skripsi_Full_Resti_defitsya_18-209[1] (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendahnya hasil belajar siswa, disebabkan karena kurangnya minat siswa dalam membaca, guru juga belum menggunakan model dan media pembelajaran yang efektif terutama pada kegiatan membaca, sehingga siswa belum memahami pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam membaca dengan menggunakan media kartu bergambar berbasis model jigsaw. Teori yang dijadikan acuan adalah teori membaca oleh Pandawa (2009), teori membaca permulaan oleh Arikunto (2013), teori media kartu bergambar oleh Umi (2013) dan teori model jigsaw oleh Rusaman (2011:218), Istarani (2012:25), Yamin (2013:89). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 06 Tangah Padang Pesisir Selatan. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara dan rubrik keterampilan membaca permulaan siswa.Berdasarkan hasil keteranpilan membaca permulaan siswa, rata-rata persentase penilaian hasil membaca permulaan pada siklus I sebesar 67,83 % siswa yang tuntas dalam membaca dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 84,11%. Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,28%. Dari peningkatan belajar siswa pada siklus I ke siklus II dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media kartu bergambar berbasis model jigsaw meningkat. Kata Kunci : membaca,kartu bergambar,membaca permulaan,model jigsaw.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 15 Mar 2022 01:33
Last Modified: 15 Mar 2022 01:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8128

Actions (login required)

View Item View Item