Dewi, Arnisa Indah and Zarfinal, Zarfinal (2022) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PENYELESAIAN PENYERAHAN HAK MILIK SECARA FIDUSIA DI BPSK KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
i - Cover.pdf Download (443kB) |
|
Text
ii - ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text
iii - BAB 1.pdf Download (204kB) |
|
Text
iv - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text
v - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
Text
vi - BAB IV.pdf Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
Abstract
Badan penyelesaian sangketa konsumen (BPSK) sebagaimana disebutukan dalam undang-undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) yang dibentuk oleh pemerintah adalah badan yang bertugas menyelesaiakn sangketa konsumen dan pelaku usaha. Perlindungan konsumen diselenggarakan untuk menjamin hak kosnumen dan pelaku usaha serta dilaksanakan kewajiban masing- masing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penyelesaian permasalahan antara pelaku usaha dan konsumen di BPSK Kota Padang?, 2) Apakah kendala dalam upaya menyelesaikan sangketa di BPSK Kota Padang?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode yuridis sosiologis dengan cara melakukan wawancara dengan Kepala Sekretariat Badan Penyelesaian Sangketa Konsumen (BPSK) di Kota Padang. Sumber data dengan data primer dan data sekunder, selanjutnya data dianalisis dengan metode kualitatif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) proses pelaksanaan penyelesaian sangketa konsumen di Badan penyelesaian Sangketa Konsumen (BPSK) Kota Padang membutuhkan waktu 21 (dua puluh satu) hari kerja. 2) Kendala yang dihadapi BPSK Kota Padang dalam menyelesaikan sangketa adalah kurangnya pemahaman konsumen tentang BPSK, tidak transparannya suatu pihak dalam memberikan keterangan baik dari segi pembuktian serta dalam memberikan tanggapan, pengakuan yang berbeda-beda atau tidak konsistennya pada gugatan serta adapun pandangan para pihak bahwa putusan yang telah diputuskan oleh BPSK Kota Padang tersebut adanya ketidakseimbangan dalam memutus suatu sangketa. Kata Kunci : BPSK Kota Padang, Perlindungan Konsumen,SangketaKonsumen
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Hukum FH |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 06:44 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 06:44 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8147 |
Actions (login required)
View Item |