PENINGKATAN PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN LITERAL DENGANPENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 31 KUMPULAN BANANG KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Nivo, Yuni Hardi and Gusnetti, Gusnetti (2022) PENINGKATAN PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN LITERAL DENGANPENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 31 KUMPULAN BANANG KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
i._Cover,_halaman_pengesahan,_abstrak_dan_daftar_isi_Nivo_Yuni_Hardi[1].pdf

Download (7MB)
[img] Text
ii._Pendahuluan_Nivo_Yuni_Hardi[1].pdf

Download (162kB)
[img] Text
iii._Kesimpulan,_saran_dan_daftar_rujukan_Nivo_Yuni_Hardi[1].pdf

Download (120kB)
[img] Text
iv.Full_Skripsi_Nivo_Yuni_Hardi[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa dalam membaca literal dan guru belum menggunakan strategi membaca yang efektif, sehingga siswa belum memahami pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi Directed Reading Activity (DRA). Teori yang dijadikan acuan adalah teori membaca oleh Rahim (2013) dan teori strategi Directed Reading Activity (DRA) oleh Simanjunta (2017). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 31 Kumpulan Banang Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata persentase hasil belajar pada siklus I sebesar 67% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 81,5%. Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 14,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Directed Reading Activity (DRA) meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 16 Mar 2022 01:19
Last Modified: 16 Mar 2022 01:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8197

Actions (login required)

View Item View Item