PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS CONSTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 07 SIMAWANG

fadilla, meiti komah and rieke, alyusfitri (2022) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS CONSTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 07 SIMAWANG. Diploma thesis, universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAGIAN 1 DILLA.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAGIAN 2 DILLA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAGIAN 3 DILLA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAGIAN 4 DILLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 07 SIMAWANG Fadilla Meiti Komah1, Rieke Alyusfitri1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bunga Hatta e-mail: fadillameiti@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan modul matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang untuk siswa kelas V SD Negeri 07 Simawang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Develpment ) dibatasi pada modivikasi 3D dengan tahap define, design dan develop. Lembar validasi terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu, ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) terdiri dari 1 orang guru kelas dan 11 orang siswa. Hasil penelitian validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh 95% kategori sangat valid, aspek bahasa diperoleh penilaian 87,5% kategori valid dan aspek tampilan diperoleh 97% kategori sangat valid. Dilihat dari rata-rata penilaian modul pembelajaran matematika berbasis Constextual Teaching And Learning pada materi sifat-sifat bangun ruang untuk kelas V memenuhi kategori sangat valid dengan rata-rata 93,16%. Hasil praktikalitas oleh guru diperoleh presentasi hasil 90% dengan kategori sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase 89,314% dengan kategori praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis Constextual Teaching And Learning memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan oleh siswa kelas V SD sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran dan membuat siswa dapat belajar sacara mandiri baik disekolah maupun dirumah. Kata Kunci: pengembangan modul, constextual teaching and learning, pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 17 Mar 2022 01:29
Last Modified: 17 Mar 2022 01:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8351

Actions (login required)

View Item View Item