fadilla, meiti komah and rieke, alyusfitri (2022) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS CONSTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 07 SIMAWANG. Diploma thesis, universitas Bung Hatta.
Text
BAGIAN 1 DILLA.pdf Download (931kB) |
|
Text
BAGIAN 2 DILLA.pdf Download (320kB) |
|
Text
BAGIAN 3 DILLA.pdf Download (236kB) |
|
Text
BAGIAN 4 DILLA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 07 SIMAWANG Fadilla Meiti Komah1, Rieke Alyusfitri1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bunga Hatta e-mail: fadillameiti@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan modul matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang untuk siswa kelas V SD Negeri 07 Simawang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Develpment ) dibatasi pada modivikasi 3D dengan tahap define, design dan develop. Lembar validasi terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu, ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) terdiri dari 1 orang guru kelas dan 11 orang siswa. Hasil penelitian validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh 95% kategori sangat valid, aspek bahasa diperoleh penilaian 87,5% kategori valid dan aspek tampilan diperoleh 97% kategori sangat valid. Dilihat dari rata-rata penilaian modul pembelajaran matematika berbasis Constextual Teaching And Learning pada materi sifat-sifat bangun ruang untuk kelas V memenuhi kategori sangat valid dengan rata-rata 93,16%. Hasil praktikalitas oleh guru diperoleh presentasi hasil 90% dengan kategori sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase 89,314% dengan kategori praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis Constextual Teaching And Learning memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan oleh siswa kelas V SD sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran dan membuat siswa dapat belajar sacara mandiri baik disekolah maupun dirumah. Kata Kunci: pengembangan modul, constextual teaching and learning, pembelajaran matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 01:29 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 01:29 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8351 |
Actions (login required)
View Item |