PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN 14 KAMANG.

Husnul, Hatami and Arlina, Yuza (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN 14 KAMANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover,halaman pengesahan.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB 1 husnul.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB V kesimpulan.pdf

Download (15kB)
[img] Text
full teks husnul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Matematika berbasis penemuan terbimbing pada materi Pecahan Biasa untuk siswa kelas IV yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan pengembangan). Dengan menggunakan model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Validator angket terdiri dari 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli desain. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi matematika memperoleh 75 % dengan kategori valid, dari aspek bahasa memperoleh 96 % dengan kategori sangat valid, dari aspek desain memperoleh nilai 91 % dengan kategori sangat valid. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing pada pecahan biasa untuk siswa kelas IV yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 87 % dengan kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 22 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 91,6 % dengan kriteria sangat praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 90,6 % dengann kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing yang dihasilkan valid dan praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar dengan baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:05
Last Modified: 17 Mar 2022 02:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8391

Actions (login required)

View Item View Item