Witra, Sandra Laila and Yulfia, Nora (2022) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill Kelas IV Sekolah Dasar. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
i. cover, hal. Pengesahan, daftr isi, dan lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
ii. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (135kB) |
|
Text
iii. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (230kB) |
|
Text
FULL TEKS SKRIPSI WITRA SANDRA LAILA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis higher order thinking skill kelas IV SD Negeri 13 Surau Gadang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan ADD (analisys, design, dan development). Penelitian ini dilakukan pada semester genap Tahun Ajaran 2021/2022 pada tema 4 subtema 1. RPP divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli konten, ahli bahasa, dan ahli desain. Pada proses praktikalitas RPP diuji cobakan oleh 2 orang pendidik, yaitu pendidik kelas IVA dan pendidik kelas IVB. Dari analisis data validasi diperoleh rata- rata keseluruhan nilai validitas dari tiga aspek sebesar 91,6% dengan kriteria sangat valid, dengan rincian validasi konten sebesar 88,09%, validasi bahasa rata-rata sebesar 97,72%, dan validasi desain sebesar 92,8%. Data untuk praktikalitas diperoleh rata-rata sebesar 97,22%, dengan kriteria sangat praktis. Dengan rincian angket respon pendidik kelas IVA sebesar 94,44%., dan angket respon pendidik kelas IVB sebesar 100% dengan kriteria sangat praktis. Dengan hal ini menunjukan bahwa RPP berbasis HOTS telah valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran untuk pendidik. Kata kunci : Pengembangan, RPP, HOTS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 02:09 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 02:09 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8810 |
Actions (login required)
View Item |