PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AKTIF KOLABORATIF INTEGRATIF (AKI) PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN 2/V KUALA TUNGKAL

Putri, Sriwahyuni and Ira, Rahmayuni Jusar (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AKTIF KOLABORATIF INTEGRATIF (AKI) PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN 2/V KUALA TUNGKAL. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis aktif kolaboratif integratif (AKI) pada materi pecahan untuk siswa kelas IV SDN 2/V Kuala Tungkal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, development, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya 3-D yaitu sampai di tahap development dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester 1 tahun ajaran 2021/2022 dengan materi pecahan. Modul divalidasi oleh 3 orang dosen (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain). Pada proses praktikalitas, modul diuji coba kepada 1 orang guru dan 18 orang peserta didik. Pada tahap validasi modul dengan model aktif, kolaboratif, integratif (AKI) memenuhi kriteria valid dengan persentase rata-rata 88,88% dengan rincian pada aspek materi 87,5%, aspek bahasa 83% dan aspek desain 95,9%. Pada tahap praktikalitas, modul berbasis aktif kolaboratif integratif (AKI) termasuk kriteria sangat praktis dengan rata-rata persentase 91,45% dengan rincian angket respon guru 91,6% dan angket respon peserta didik 91,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan modul pembelajaran matematika berbasis aktif kolaboratif integratif (AKI) pada materi pecahan memenuhi kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi siswa kelas IV di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:12
Last Modified: 01 Aug 2022 02:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8817

Actions (login required)

View Item View Item