PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 03 ALAI PADANG

Jumrizal, Jumrizal and Tamrin, Tamrin (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 03 ALAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB.PENDAHULUAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB.PENUTUP.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 ALAI PADANG Jumrizal1, M.Tamrin1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email :jumrijal57@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PKn berbasis pendekatan Discovery Learning untuk siswa kelas IV SD Negeri 03 Alai Padang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator terdiri dari 3 orang dosen yaitu, ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh persentase validitas 84,37% dengan kriteria valid, dari aspek bahasa diperoleh presentase kevalidan 98,43% dengan kriteria sangat valid dan dari aspek desain diperoleh presentase kevalidan 89,82% dengan kriteria valid. Secara keseluruhan nilai rata rata validitas modul pembelajaran PKn dengan presentase 90,87% memenuhi kriteria sangat valid. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 14 orang siswa, dari hasil uji praktikalitas oleh guru diperoleh presentase kepraktisan 97,5% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase kepraktisan 91,77% dengan kriteria sangat praktis. Secara keseluruhan nilai praktikalitas modul dengan nilai presentase 94,63% kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PKn berbasis pendekatan Discovery Learning memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar (SD) secara mandiri. Kata Kunci : pengembangan modul, pendekatan Discovery Learning, Pembelajaran PKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:20
Last Modified: 01 Aug 2022 07:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8842

Actions (login required)

View Item View Item