PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MIND MAPPING TEMA 7 PADA MATERI GAYA UNTUK SISWA KELAS IV SDN 042/XI SEBERANG, KECAMATAN PESISIR BUKIT, KOTA SUNGAI PENUH

Respa, Yulifianti and Enjoni, Enjoni (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MIND MAPPING TEMA 7 PADA MATERI GAYA UNTUK SISWA KELAS IV SDN 042/XI SEBERANG, KECAMATAN PESISIR BUKIT, KOTA SUNGAI PENUH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA Berbasis Mind Mapping Tema 7 Pada Materi Gaya Untuk Siswa Kelas IV SDN 042/XI Seberang, Kecamatan Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Developmen) dengan menggunakan model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Namun karena keterbatasan waktu, maka penelitian hanya sampai tahap development (3-D). Validasi dilakukan oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator aspek materi, validator aspek bahasa, dan validator aspek desain. Praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dan 18 orang siswa kelas IV di SDN 042/XI Seberang, Kecamatan Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh. Data untuk validitas diperoleh dari hasil analisis validasi aspek materi (3,46) dengan kriteria valid, aspek bahasa (3,73) dengan kriteria sangat valid, dan aspek desain (3,60) dengan kriteria sangat valid, dengan rata-rata keseluruhan nilai validasi diperoleh (3,59) dengan kriteria sangat valid. Analisis data praktikalitas dari guru diperoleh (92,36%) dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas olek siswa diperoleh (96,76%) dengan kriteria sangat praktis. Rata-rata hasil praktikalitas guru dan siswa adalah (94,56%) dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis mind mapping sudah sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar atau bahan ajar untuk guru maupun siswa. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis mind mapping dengan materi yang lainnya dan juga diharapkan kepada peserta didik dapat berfikir kritis dalam memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan. Kata kunci : Modul, Pembelajaran IPA, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:59
Last Modified: 03 Aug 2022 02:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8987

Actions (login required)

View Item View Item