PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA 9 BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI IKLAN BAGI SISWA KELAS V SDN 10 BANDAR BUAT KECAMATAN LUBUK KILANGAN PADANG

Octari, Wulanda and Wirnita, Eska (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA 9 BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI IKLAN BAGI SISWA KELAS V SDN 10 BANDAR BUAT KECAMATAN LUBUK KILANGAN PADANG. Diploma thesis, Universita Bung Hatta.

[img] Text
Cover Halaman Pengesahan Persetujuan, abstrak dan Daftar Isi_Ulan.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB Pendahuluan_Ulan.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB Kesimpulan, saran, dan Daftar Pustaka_Ulan.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Bissmillah ACC Revisi Skripsi Pak Hasnul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti tidak adanya LKS dan Modul, bahan ajar yang digunakanakan hanya berupa buku paket sehingga siswa sering merasa bosan, dan metode yang digunakanakan guru dalam proses pembelajaran masih konvensional. Tujuan penelitian mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis saintifik pada materi iklan untuk siswa kelas V SDN 10 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Padang yaitu agar siswa termotivasi untuk lebih semangat dalam membaca, bertanya dan berdiskusi.Teor yang dipakai sebagia acuan adalah Modul oleh (Daryanto), pendapat saintifk oleh (Daryanto), Sedangkan pemebalajaran Bahasa indonesia oleh (Susanto), Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Trianto dengan model prosedural 4D, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), dan development (pengembangan), karena keterbatasan waktu dan kemampuan maka: 1) penelitian hanya sampai pada fase development (3D), 2) Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, 3) uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas V SD, dan 4) uji efektivitas dilakukan oleh siswa kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (90%) dilihat dari aspek kelayakan isi (90%), aspek penyajian dan tampilan (85%), dan aspek bahasa (95%). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase (94%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata (95%). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorian efektif (100%) karena hasil tes siswa lebih dari KKM yaitu 70%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis saintifik untuk siswa kelas V SDN 10 Bandar Buat dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakanakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas V. Kata kunci : Modul, Pengembangan, Saintifik, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:40
Last Modified: 04 Aug 2022 01:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9189

Actions (login required)

View Item View Item