PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PICTURE AND PICTURE PADA TEMA 6 CITA-CITAKU KELAS IV SDN 07 LUNANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Ikhsan, Arulsyah and Siska, Angreni (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PICTURE AND PICTURE PADA TEMA 6 CITA-CITAKU KELAS IV SDN 07 LUNANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN ATAU PERSETUJUAN, ABSTRACT DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (960kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pembelajaran IPA berbasis picture and picture pada tema 6 cita-citaku sbtema 2 materi daur hidup hewan untuk siswa kelas IV SD Negeri 07 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan yang memenuhi kriteria valid dan Praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design dan develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas yang diperoleh dari guru dan siswa kelas. E-modul divalidasi oleh 3 ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Berdasarkan penelitian ini validasi e-modul menggunakan rumus Aiken’V yang dilakukan dari aspek materi IPA memperoleh nilai 0,84 dengan kategori tinggi atau sangat valid, dari aspek desain memperoleh nilai 0,87 dengan kategori tinggi atau sangat valid dan dari aspek bahasa memperoleh nilai 0,77 dengan kategori cukup tinggi atau valid. Dilihat dari rata-rata validitas e-modul pembelajaran IPA berbasis picture and picture pada tema 6 cita-citaku memenuhi kriteria sangat valid dengan skor nilai 0,82 dengan interpretasi Aiken’V validitas tinggi atau memenuhi kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas oleh guru diperoleh rata-rata 92,3% dengan kategori sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa dengan rata-rata 85,6% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul pembelajaran IPA berbasis picture and picture memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:55
Last Modified: 04 Aug 2022 02:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9214

Actions (login required)

View Item View Item