PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PICTURE AND PICTURE PADA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP UNTUK KELAS IV SDN 35 PAGAMBIRAN PADANG

Amie Elsi, Amie Elsi and Rona Taula Sari, S. Si, M. Pd, Rona Taula Sari, S. Si, M. Pd (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PICTURE AND PICTURE PADA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP UNTUK KELAS IV SDN 35 PAGAMBIRAN PADANG. Diploma thesis, universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] Text
FLLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Picture And Picture pada kelas IV Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid, dan praktis. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yaitu difine, design, develop, dan disseminate. Namun, pada penelitian ini hanya 3-D yaitu difine, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester Genap tahun ajaran 2021/2022 pada Tema 6 Cita-citaku di Sekolah Dasar Negeri 35 Pagambiran Padang pada materi Siklus Makhluk Hidup. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dari ahli materi, bahasa dan desain, lembar praktikalitas yaitu angket respon guru dan siswa. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 27 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Picture And Picture pada kelas IV Sekolah Dasar dihasilkan modul yang memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 3,50 yaitu dari ahli materi memperoleh nilai 3,35, dari ahli bahasa memperoleh nilai 3,72, dan dari ahli desain memproleh nilai 3,43, memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata- rata persentase sebesar 94,9% yaitu praktikalitas oleh guru memperoleh persentase sebesar 97,7% dan praktikalitas oleh siswa memperoleh presentase sebesar 92,2%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Picture And Picture IV Sekolah Dasar sangat valid, dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu sumber belajar IPA di kelas IV Sekolah Dasar. Sehingga, modul dapat digunakan secara mandiri. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Picture And Picture dengan kompetensi dasar dan materi yang lainnya. Kata Kunci : Modul, Pembelajaran IPA, Picture And Picture.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:03
Last Modified: 04 Aug 2022 03:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9223

Actions (login required)

View Item View Item