PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS V SDN 01 ASAM KUMBANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

wizah, Astita and Azkiya, Hidayati (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS V SDN 01 ASAM KUMBANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, DLL.pdf

Download (855kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (343kB)
[img] Text
PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Skripsi revisi kompre web.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran sehingga guru terlihat lebih aktif dibandingkan siswa, dan membuat siswa cenderung cepat bosan selama proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cooperatif Tipe Jigsaw, pada siswa sekolah dasar kelas V SDN 01 Asam Kumbang yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Hasil pengembangan modul bahasa Indonesia mendapat validitas dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 96.87%, ahli bahasa 100%, dan ahli desain 79,1%, sehingga rata-rata ke seluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 91.99 % dengan kriteria sangat valid. Pada proses praktikalitas, modul diuji cobakan oleh 1 orang guru dan 22 siswa kelas V SDN 01 Asam Kumbang. Hasil praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 91.32 % dan praktikalitas siswa 93.80%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 92,56 % dengan kriteria sangat praktis. Hasil efektivitas skala kecil adalah 100% dan skala terbatas adalah 100% dengan kategori sangat efektif. Kesimpulan dari penelitian ini Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cooperatif Tipe Jigsaw kelas V SDN 01 Asam Kumbang dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan efektif pada proses pembelajaran agar dapat meningkatkan nilai siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:16
Last Modified: 04 Aug 2022 03:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9232

Actions (login required)

View Item View Item