Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kelas IV SDN 08 Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh

Mastini, Riski and Gusnetti, Gusnetti (2022) Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kelas IV SDN 08 Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHANPERSETUJUAN,ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Model Pembelajara Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kelas IV SDN 08 Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh Mastini Riski¹, Gusnetti2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: mastiniriski2@gamail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil keterampilan berbicara siswa, disebabkan karena minat siswa dalam mengikuti pembelajaran berbicara rendah. Pada umumnya siswa merasa takut dan malu saat ditugaskan untuk tampil berbicara di di depan teman-temannya serta guru jarang menggunakan LKPD/LDK sehingga kreatifitas siswa tidak terpancing dalam proses pemebelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelejaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada kelas IV SDN 08 Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues tahun 2021/2022 dengan materi cita-citaku Model yang dipakai yakni model pemebelajaran kooperatif tipe jigsaw. Teori yang digunakan adalah teori keterampilan berbicara oleh Tarigan (2008), teori pembelajaran kooperatif tipe jigsaw oleh Arends (2008), teori baca puisi oleh Halimah (2015), dan teori pembelajaran kooperatif oleh Rusman (2014). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dilaksanakan sebanyak 1 kali pertemuan. Instrumen penelitian ini meliputi pedoman observasi, pedoman penilaian, dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 08 Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh yang terdiri dari 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dilihat dari skor rata- rata persentase hasil belajar pada siklus I sebesar 72,3% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87,6%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicaral siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan. Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, LKPD/LKS, Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 04:40
Last Modified: 07 Aug 2022 04:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9603

Actions (login required)

View Item View Item