PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn DENGAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE UNTUK KELAS IV SD NEGERI 04 GAUNG DI PADANG

Uci, Desfitra and Darwianis, Darwianis (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn DENGAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE UNTUK KELAS IV SD NEGERI 04 GAUNG DI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER PDF.pdf

Download (571kB)
[img] Text
bab I ubh.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (796kB)
[img] Text
skripsi uciiii ubh (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PKn dengan model Example non-Example pada kelas IV yang memenuhi Kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development(R&D). Model Pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi Menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket modul divalidasi oleh tiga validator ahli yaitu ahli materi dengan 94,79% kategori sangat valid, ahli bahasa dengan 93,18% kategori sangat valid, dan ahli desain 95,83% kategori valid. Rata-rata keseluruhan nilai validitas diperoleh sebesar 94,81% kategori sangat valid. Untuk uji coba praktikalitas, oleh guru 95,45% kategori sangat praktis dan siswa 93,88% kategori sangat praktis. Rata-rata praktikalitas 94,66% kategori sangat praktis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa validitas modul pembelajaran PKn dengan model Example non-Example untuk kelas IV dinyatakan valid baik dari aspek materi, bahasa, dan desain. Hasil praktikalitas dinyatakan praktis baik dari aspek penilaian guru maupun siswa. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran PKn dengan model Example non-Example telah valid dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru. Kd 3.3 manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di kelas IV SD Negeri 04 Gaung. Kata Kunci : Modul, PKn, Example non-Example.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 06:04
Last Modified: 07 Aug 2022 06:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9652

Actions (login required)

View Item View Item