PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS V SDN 23 AMPALU PAGAMBIRAN PADANG

Seffi, Dwi Putri Syafiani and Tamrin, Tamrin (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS V SDN 23 AMPALU PAGAMBIRAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i.Cover dll.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii.Bab Pendahuluan.pdf.pdf

Download (293kB)
[img] Text
iii.Bab Kesimpulan.pdf.pdf

Download (284kB)
[img] Text
iv.Full Text Seffi Dwi Putri Syafiani.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS Berbasis Mind Mapping untuk siswa kelas V SD negeri 23 Ampalu Pagambiran Padang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang terdiri dari lembar validasi dan lembar praktikalitas. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021-2022 pada mata pelajaran IPS. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 27 siswa kelas V SD. Data untuk validitas diperoleh hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 89,58% dengan kriteria valid, ahli bahasa 93,18% dengan kriteria sangat valid, dan ahli desain 95% dengan kriteria sangat valid, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 92% dengan kriteria sangat valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa ) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 97,5% dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas oleh siswa 93,65% dengan kriteria sangat praktis, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 93,72% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul ini valid dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar atau bahan ajar IPS kelas V Sekolah Dasar. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, IPS, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 02:55
Last Modified: 07 Aug 2022 02:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9667

Actions (login required)

View Item View Item