PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN 47 KORONG GADANG

Syerlin, Mutia and Susi, Herawati (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN 47 KORONG GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, dll syerlin.pdf

Download (894kB)
[img] Text
BAB I - SYERLIN MUTIA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB V, Daftar pustaka syerlin.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Skripsi - SYERLIN MUTIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, disebabkan karena masih banyak siswa yang belum memahamimateriKeliling dan Luas Bangun Datar, Guru telah melakukan upaya dengan mengulang kembali menjelaskan materi dan meminta siswa untuk mengerjakan soal ke depan, terlihat siswa tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran dan malu untuk bertanya. Dari pembelajaran yang diberikan belum kontekstual.Siswa belum dihadapkan pada pembelajaran berbasis masalah/berdiskusi pada kegiatan dunia nyata kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model problem based learning (PBL) pada materi keliling dan luas bangun datar. Teori yang dijadikan acuan adalah teori Keliling dan Luas Bangun Datar oleh Amrina (2018), teori model Problem Based Learning oleh Wena (Isro’atun 2019:44), Ibrahim (Sujana 2020:22) dan Sani dalam Triani (2015:2). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 47 Korong Gadang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar tes dan dokumen RPPmateri keliling dan luas bangun datar. Berdasarkan hasil pengetahuan dan keterampilan keliling dan luas bangun datar, rata-rata persentase penilaian hasil keliling dan luas bangun datarpada siklus I sebesar 70% siswa yang tuntas dalam materi keliling dan luas bangun datar dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 84%. Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17%. Dari peningkatan belajar siswa pada siklus I ke siklus II dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning (PBL) meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:18
Last Modified: 08 Aug 2022 03:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9730

Actions (login required)

View Item View Item