PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS V SDN 10 KANDANG BARU SIJUNJUNG

Lativa, Fajrin and Muslim, Muslim (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS V SDN 10 KANDANG BARU SIJUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL, LATIVA.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB V, DFTR PUSTAKA LATIVA FAJRIN.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI LATIVA FAJRIN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
SKRIPSI LATIVA FAJRIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran PPKn berbasis model Problem Based Learninguntuk peserta didik kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, development dan dissemination. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap development. Penelitian ini dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrument penelitian ini meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain). Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 20 orang peserta didikkelas V SD. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 96,66%, ahli desain 90,27%, dan ahli bahasa 98,33%, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 95,08% dengan kriteria sangat valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 98,43% dan praktikalitas oleh siswa 93,22%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 95,82% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran PPKn berbasis model Problem Based Learningtelah sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:29
Last Modified: 08 Aug 2022 06:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9741

Actions (login required)

View Item View Item