PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK SISWA KELAS II SDN 05 SURAU GADANG KOTA PADANG

Nadia Fitri, Amalia and Wirnita, Eska (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK SISWA KELAS II SDN 05 SURAU GADANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i dea.pdf

Download (424kB)
[img] Text
ii dea.pdf

Download (558kB)
[img] Text
iii dea.pdf

Download (92kB)
[img] Text
iv dea.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media disaat pembelajaran, bahan ajar yang digunakan sebelumnya berupa buku tema dan LKS sehingga siswa bosan dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pop-Up Book pada pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Kelas II SDN 05 Surau Gadang Kota Padang yang valid, praktis, dan efektif. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini ada beberapa ahli diantaranya adalah teori oleh Donald P.Ely dan Rubin mengenai model CTL, Safni mengenai Pop-Up Book dan Susanto Mengenai Pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan/Research and Development. Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas II SDN 05 Surau Gadang Kota Padang dan untuk uji efektivitas merupakan hasil tes evaluasi siswa kelas II SDN 05 Surau Gadang Kota Padang Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (98,1%) baik dari aspek materi (100%), aspek desain (96,8%), dan aspek bahasa (97,5%). Media yang dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata presentase (93,7%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata presentase (96,6%). Hasil Penelitian pada uji efektivitas dikategorikan (93,1%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran gambar berseri berbasis pop-up book pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II SDN 05 Surau Gadang Kota Padang yang dihasilkan sangat valid, sangat praktis dan efektif sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas II SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:33
Last Modified: 09 Aug 2022 03:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9895

Actions (login required)

View Item View Item