PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 99/III SUNGAI PEGEH, KECAMATAN SIULAK, KABUPATEN KERINCI

Antik, Fatihanur (2021) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 99/III SUNGAI PEGEH, KECAMATAN SIULAK, KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (148kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (297kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (836kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri untuk Siswa Kelas V SD Negeri 99/III Sungai Pegeh, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci Jenis penelitian adalah pengembangan (Research and Development) dengan model procedural 3-D, yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), dan development (Pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Validator angket terdiri dari 3 orang dosen. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 17 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator dengan nilai rata-rata (91,22%) baik dari aspek kelayakan isi (90,74%), bahasa (90%), dan aspek tampilan (92,92%). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai rata-rata (91,67%) baik dari aspek kemudahan penggunaan (87,5%), efektivitas waktu (87,5%), dan aspek manfaat (100%) dan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan nilai rata-rata (98,28%) baik dari aspek minat siswa (97,06%), proses penggunaan (96,57%), peningkatan kreatifitas (98,53%), manfaat (99,26%), dan aspek evaluasi (100%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Pengembangan Modul IPA Berbasis Inkuiri Dalam Pembelajaran IPA Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 99/III Sungai Pegeh, Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci yang dihasilkan sudah valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. __________________________________________________________________ Kata Kunci: Modul, Pengembangan, Inkuiri, Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:49
Last Modified: 27 Apr 2021 01:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3440

Actions (login required)

View Item View Item