PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V SDN 09 PADANG GANTING KABUPATEN TANAH DATAR

Ardian, Fajri Munandar (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V SDN 09 PADANG GANTING KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (123kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (351kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (208kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi sistem pencernaan manusia untuk kelas V SDN 09 Padang Ganting. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan Model 4-D yaitu define, disign, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop yakni pada tahap validasi dan tahap praktikalitas. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi yang di isi oleh 1 dosen validator materi, 1 dosen validator bahasa, dan 1 dosen validator desain dan lembar pratikalitas yang di isi oleh guru dan peserta didik kelas V SDN 09 Padang Ganting sebanyak 1 guru dan 9 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktvisme untuk kelas V SDN 09 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar termasuk kategori sangat valid dengan rata-rata penilaian validator 1 yaitu 3,60, rata-rata penilaian validator 2 yaitu 3,89, dan rata-rata penilaian validator 3 yaitu 3,81. Rata –rata keselurahan dari penilaian 3 validator adalah 3,76 kategori sangat valid . Modul yang dikembangkan termasuk kategori sangat praktis oleh pendidik dengan rata-rata pratikalitas yaitu 94%. Dan dari peserta didik dengan rata-rata praktikalitas 88,65% , rata-rata praktikalitas dari pendidik dan peserta didik yaitu 91,32% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas V SD. Sehingga, modul dapat di gunakan secara mandiri. Kata kunci : Pengembangan, Modul Pembelajaran IPA , Pendekatan Konstruktivisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:51
Last Modified: 27 Apr 2021 01:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item View Item