PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MATERI PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN KELAS V SD NEGERI 04 LEMBAH MELINTANG

Elza, Helmanda (2021) PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MATERI PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN KELAS V SD NEGERI 04 LEMBAH MELINTANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (325kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (306kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (420kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (190kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA dengan pendekatan konstruktivisme untuk peserta didik di kelas V SD Negeri 04 Lembah Melintang. Jenis penelitian adalah pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang menggunakan 4-D, yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), dan development (Pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Validator angket terdiri dari 3 orang dosen dan 1 orang guru SD. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan10 orang siswa kelas V SD Negeri 04 Lembah Melintang. Data penelitian dihasilkan produk berupa modul IPA dengan pendekatan konstruktivisme pada materi pengaruh kalor terhadap kehidupan di kelas V SD. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata 4,36% baik dari aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian maupun kegrafikan. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan nilai rata-rata 95,83% dan dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan nilai rata-rata 96,82%. Hal ini menunjukkan bahwa modul dengan pendekatan konstruktivisme pada materi pengaruh kalor terhadap kehidupan yang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat membangun pengetahuanya dalam proses pembelajaran. __________________________________________________________________ Kata Kunci : Modul IPA, Konstruktivisme, Valid, Praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:56
Last Modified: 27 Apr 2021 01:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3444

Actions (login required)

View Item View Item