Elza, Helmanda (2021) PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MATERI PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN KELAS V SD NEGERI 04 LEMBAH MELINTANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
abstrak.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text
bab ii-iv.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
bab v.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
lampiran.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA dengan pendekatan konstruktivisme untuk peserta didik di kelas V SD Negeri 04 Lembah Melintang. Jenis penelitian adalah pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang menggunakan 4-D, yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), dan development (Pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Validator angket terdiri dari 3 orang dosen dan 1 orang guru SD. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan10 orang siswa kelas V SD Negeri 04 Lembah Melintang. Data penelitian dihasilkan produk berupa modul IPA dengan pendekatan konstruktivisme pada materi pengaruh kalor terhadap kehidupan di kelas V SD. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata 4,36% baik dari aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian maupun kegrafikan. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan nilai rata-rata 95,83% dan dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan nilai rata-rata 96,82%. Hal ini menunjukkan bahwa modul dengan pendekatan konstruktivisme pada materi pengaruh kalor terhadap kehidupan yang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat membangun pengetahuanya dalam proses pembelajaran. __________________________________________________________________ Kata Kunci : Modul IPA, Konstruktivisme, Valid, Praktis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Hermanto UBH |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 01:56 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 01:56 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3444 |
Actions (login required)
View Item |